Indonesia Menang Atas Filipina

Written By Papareysa on Kamis, 16 Desember 2010 | 05.00

Indonesia Menang Atas Filipina - Menurut data statistika yang ada dapat kita jetahui bahwa Indonesia Menang atas Filipina dan tidak pernah kalah sekalipun. Dalam statistik dapat kita ketahui juga bahwa dari 17 kali pertemuan dengan Filipina, Indonesia telah memenangi 16 kali dengan hanya satu kali seri dan tidak pernah kalah sekalipun. Semoga statistik ini nantinya akan berlanjut pada semi-final piala AFF Suzuki Cup 2010 yang akan berlangsung hari ini tanggal 16 Desember 2010 pada pukul 19.00 WIB nanti. Untuk mgengetahui data statistik Indonesia Vs Filipina silahkan baca: Head to Head Indonesia Vs Filipina.

Pada Piala AFF Suzuki Cup 2010 ini juga Indonesia telah mencatatkan prestasi yang begitu sempurna dengan membantai Malaysia dengan skor 5-1, membabat Laos dengan 6-0 dan melibar Thailand dengan skor 2-1. Semoga nanti pada saat Indonesia Vs Filipina bisa memenangkan pertandingan dengan skor yang bagus juga untuk Timnas Indonesia.

Namun semoga saja Timnas Indonesia tidak terbuai dengan kemenangan sempurna atas Filipina karena pada pertandingan Indonesia Vs Filipina nanti yang akan disiarkan langsung oleh RCTI, kekuatan Tim Filipina terbilang cukup misterius karena ada 9 pemain asing akan diturunkan yaitu dari Inggris, Islandia hingga Amerika, Setidaknya seperti itulah gambaran kekuatan Timnas Filipina nantinya.

Di bawah mistar gawang, tangkapan Neil Etheridge terbilang lengket. Ia juga punya postur ideal dengan tinggi 191 cm. Menarik untuk membandingkan Neil dengan kiper Indonesia, Markus Horison. Dan di sini, Markus sedikit unggul dari sisi pengalaman. Dari level klub, Liga Indonesia, sampai Piala Asia pernah dilakoni Markus.

Di lini belakang, Filipina dikawal palang pintu jangkung. Kapten berpengalaman Alexander Borromeo bertinggi 188 cm, Rob Gier (178 cm) dan Anton del Rosario (180 cm) tampaknya akan unggul bola-bola atas.

Striker oportunis Indonesia, Christian 'El Loco' Gonzales harus benar-benar fit jika ingin memenangi duel mereka. El Loco yang disebut-sebut punya fisik bagus harus memforsir kecepatan dan memanfaatkan umpan-umpan bola-bola bawah dari para gelandang atau sayap pasukan Garuda.

Di tengah, inilah jantung kekuatan Filipina dan Indonesia. James Younghusband, Jason de Jong dan Christopher Greatwich menjadi aktor serangan balik cepat The Azkals.

Mereka ditunjang striker yang juga adik James, Phil Younghusband dan Ian Araneta. Permutasi gerakan gelandang-striker ini biasanya cepat.

"Kita harus mewaspadai kakak-adik James Younghusband (gelandang) dan Phil Younghusband (striker). Tanpa dukungan lini tengah, mereka tetap mampu melakukan counter attack," ujar Sutan Harharah, Direktur Teknik PSSI yang ditugasi menjadi 'mata-mata' Filipina saat melawan Myanmar di laga terakhir penyisihan Grup B di Vietnam.

Tim Merah Putih harus memenangkan lini vital ini jika ingin mengatasi Filipina. Duet gelandang pekerja Firman Utina dan Ahmad Bustomi rasanya bisa menjadi perebut bola andal, pematah serangan dan kreator ulung.

Yang harus diwaspadai Indonesia yakni ketika Filipina bermain negatif atau super-defensif. Di penyisihan grup, The Azkals sangat disiplin menjaga pertahanan dan mengandalkan serangan balik. Kesabaran sangat dibutuhkan Tim Merah Putih untuk membongkar pertahanan Filipina. Juga kecermatan untuk mementahkan serangan balik cepat Filipina.

Dua sayap cepat Indonesia, Muhamad Ridwan atau Arif Suyono di kanan maupun Oktovianus Maniani di kiri dituntut ikut membantu pertahanan jika Filipina melakukan serangan balik. Semua pemain Indonesia dituntut waspada, meski tak mengendurkan tekanan kepada lawan. Dalam laga ketat dan menentukan seperti ini, pengalaman serta jam terbang pemain sangat diperlukan. Di sinilah, Alfred Riedl tampaknya akan memasang Bambang Pamungkas di lini depan sejak awal. BP akan berduet dengan 'El Loco' Gonzales yang juga sarat pengalaman.

Untuk sementara, striker anyar nan prominen Irfan Haarys Bachdim bisa disimpan menjadi senjata rahasia. Atau jika Irfan menjaid starter, BP akan menggantikannya saat dibutuhkan.

Indonesia sebenarnya punya keunggulan nonteknis yang bisa dimaksimalkan saat melawan Filipina. Dukungan minimal 80 ribu penonton diharapkan mampu memberikan teror kepada 'anak-anak muda' Filipina.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN INDONESIA VS FILIPINA
FILIPINA (4-4-2): Neil Etheridge; Anton del Rosario, Robert Gier, Alexander Borromeo, Ray Anthony Jonsson; Emelio Caligdong, Chris Greatwich, Jason de Jong, James Younghusband; Ian Araneta, Phil Younghusband

INDONESIA (4-4-2): Markus Horison; Zulkifli Syukur, Maman Abdulrahman, Hamka Hamzah, Muhamad Nasuha; Muhamad Ridwan, Firman Utina, Ahmad Bustomi, Oktovianus Maniani; Christian Gonzales, Bambang Pamungkas.

UPDATE: Indonesia Menang atas Filipina dengan skor 1-0 yang dilesatkan oleh Christian Gonzales, klik disini untuk melihat fotonya:  Foto Indonesia Vs Filipina
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Berita Indonesia Terbaru 2013 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger