Korban Gunung Bromo Meletus

Written By Papareysa on Jumat, 26 November 2010 | 21.40

Korban Gunung Bromo Meletus - Untuk melanjutkan berita sebelumnya yaitu tentang Foto dan Video Gunung Bromo Meletus kali ini saya akan mambahas tentang Korban Gunung Bromo meletus atau Korban Letusan Gunung Bromo. Perlu diketahui sebelumnya bahwa topografi gunung bromo berbeda dengan gunung lain seperti gunung merapi karena Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas 10 kilometer persegi. Sehingga untuk saat ini masih belum ada informasi tentang Korban Gunung Bromo atau berapa jumlah korban Gunung Bromo meletus, disisi lain letusan gunung Bromo yang terjadi saat ini termasuk letusan dengan skala kecil sehingga diharapkan agar warga suku Tengger yang merupakan suku Gunung Bromo tidak perlu khawatir.

Dengan topografi Gunung Bromo yang diselimuti dengan lautan pasir sehingga diperkirakan Korban Gunung Bromo Meletus pun juga akan sedikit, disini lain letusannya pun berskala kecil, namun yang dikhawatirkan adalah bahaya dari semburan berwarna kekuningan karena kandungan belerang yang banyak sangat berbahaya jika dihirup manusia. Mulyono yang merupakan pengamat PVMBG di Pos pengamatan Gunung Bromo mengatakan bahwa memang gunung bromo pada pukul 17.20 wib telah meletus, Namun letusan yang dikeluarkan hanya berupa abu saja, dan tinggi letusan ini hingga 900 Meter. Abu yang dilontarkan gunung ini mengarah ke barat daya, yakni daerah Malang.

Ia menambahkan, letusan yang dialami Gunung Bromo ini terjadi akibat masih tingginya aktifitas vulkanik. Data terakhir yang tercatat di Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Bromo menyebutkan, Gunung Bromo mengalami gempa vulkanik dangkal sebanyak 60 x dan gempa Tremor hingga ampletodo 20. "Masyarakat masih aman lah, meski Gunung Bromo sempat meletus. Karena skala letusannya kecil. Jadi tidak perlu khawatir" imbuhnya.
Alhamdulilah jika ternyata masih belum ada korban Gunung Bromo meletus ini, dan untuk warga di sekitar Gunung Bromo semoga bisa lebih tanggap dengan bencana ini sehingga bisa menjaga diri dari letusan Gunung Bromo tersebut. Baca juga: Foto dan Video Gunung Bromo Meletus.
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Berita Indonesia Terbaru 2013 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger