Gempa Bantul 5,6SR Bikin Panik Warga

Written By Papareysa on Selasa, 09 November 2010 | 23.35

Gempa Bantul 5,6SR Bikin Panik Warga - Warga berhamburan keluar rumah karena takut peristiwa gempa 2006 terulang kembali, tidak ada korban dan kerusakan fisik dalam peristiwa tersebut Namun akibat Gempa Bantul 5,6SR bikin panik warga. Di Kota Yogyakarta, banyak pengunjung di beberapa pusat perbelanjaan berhamburan keluar. Mereka merasakan guncangan gempa yang terjadi selama tiga hingga lima detik

"Tidak ada korban karena gempanya berlangsung sebentar. Meski kekuatan Gempa Bantul 5,6 SR, tetapi karena hanya sesaat, tidak ada kerusakan fisik, dan warga masih sempat menyelamatkan diri," kata Subarda, petugas Kesbangpolinmas Bantul, Selasa (9/11/2010).

Kendati tak menimbulkan kerusakan, warga memilih tetap berada di luar gedung untuk berjaga-jaga bila terjadi gempa susulan. Menurut pihak Kantor Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK), gempa tersebut berpusat di 125 kilometer sebelah barat daya Bantul, dengan kedalaman 10 kilometer. BPPTK juga menyatakan belum ada pengaruh gempa terhadap peningkatan aktivitas Gunung Merapi. Namun meski tidak menimbulkan korban dan kerusakan fisik, gempa tersebut sempat membuat warga Bantul panik. Ninda, siswa SMP yang tinggal di Baturetno, Banguntapan, tersebut sempat lari keluar rumah sambil teriak, "Gempa... gempa... gempa." Hal serupa juga dilakukan para tetangga Ninda.

"Saat gempa, ia mengaku tengah duduk di kursi karena tengah beristirahat sehabis pulang sekolah. Tiba-tiba kursi bergerak sendiri. Saya pun langsung lari keluar sambil teriak-teriak supaya dua adik saya yang berada di bagian belakang segera keluar," katanya.

Gempa juga membuat pengunjung warung internet di Jalan Bantul Km 10 berhamburan keluar. Mereka merasakan goncangan cukup kuat. Setelah berada di luar selama 5 menit, akhirnya mereka masuk kembali ke ruangan karena yakin tidak ada gempa susulan, kata Lia, operator warnet tersebut.

Gempa kemarin adalah kali kedua yang dirasakan warga Bantul selama Merapi meletus. Gempa tersebut terjadi pada pukul 14.03 WIB. Titik pusat gempa berada di 8,89 derajat Lintang Selatan dan 110,08 derajat Bujur Timur. Posisi tersebut berada di 125 kilometer barat daya Bantul dengan kedalaman 10 kilometer.

Sebelumnya mereka juga merasakan gempa pada hari Minggu (7/11/2010) pukul 23.08. Gempa tersebut berpusat di 8,03 derajat Lintang Selatan (LS) dan 110,51 derajat Bujur Timur (BT). Gempa berkedalaman 10 kilometer. Meski hanya berlangsung 2 detik, gempa tersebut sempat membangunkan sebagian besar warga Bantul yang tengah tertidur lelap.
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Berita Indonesia Terbaru 2013 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger