Gunung Papandayan Waspada

Written By Papareysa on Sabtu, 30 Oktober 2010 | 21.05

Gunung Papandayan Waspada - Walaupun Gunung Papandayan waspada sejak April tahun 2006 silam hingga sekarang, dan seharusnya tidak ada aktifitas dalam radius 1 kilometer namun kenyataannya masih banyak kegiatan wisata yang dilakukan disana karena memang Gunung Papandayan Waspada statusnya. Hal tersebut diungkapkan Kepala Sub Bidang pengamatan Gunung Api, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Agus Budianto di Gedung Badan Geologi, Jalan Surapati, Sabtu (30/10/2010).

PVMBG menilai Pemprov Jabar dinilai tidak mengindahkan rekomendasi untuk menjauhi Kawah Gunung Papandayan yang berada di kabupaten Garut.

"Saat ini masih banyak kegiatan wisata disana sampai melewati batas yang direkomendasikan," ujar Agus.

Sejak April 2006 hingga saat ini, Gunung Papandayan Waspada. Dimana berdasarkan hasil pengamatan secara visual dan instrumental terjadi peningkatan aktivitas gunung api.

"Pada beberapa gunung api dapat terjadi erupsi, tetapi hanya menimbulkan ancaman bahaya disekitar pusat erupsi. Gas yang dikeluarkan dari juga cukup berbahaya. Ini yang harus diwaspadai," katanya.

Menurut Agus, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi tidak akan memberikan rekomendasi lagi pada Pemprov Jabar untuk mengingatkan.

"Cukup sekali. Terserah pemda masing-masing mau mengikuti atau tidak. Tapi kalau terjadi seuatu yang tidak diinginkan karena melewati batas yang direkomendasikan, jangan menyalahkan kita," tuturnya.

Ia menyatakan, Gunung Papandayan merupakan gunung berapi aktif yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Sebab itu, ia mengimbau para pendaki yang akan naik gunung untuk tidak mendekati kawah.

Gunung Papandayan terakhir meletus pada tahun 2002. Setelah meletus pada tahun tersebut, aktivitas vulkaniknya terus mengalami naik turun. Hingga kini berstatus waspada, sejak 3 tahun terakhir.

Agus menambahkan, di Indonesia sedikitnya terdapat 21 gunung api tipe A yang berstatus di atas normal. Dari jumlah itu ada 18 gunung berstatus waspada, 2 siaga dan 1 berstatus awas. Untuk mengetahui lebih jelasnya silahkan baca: Gunung Aktif di Indonesia.
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Berita Indonesia Terbaru 2013 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger