Pesawat tanpa awak milik iran

Written By Papareysa on Senin, 23 Agustus 2010 | 22.19

Presiden Mahmoud Ahmadinejad meresmikan satu pesawat tanpa awak milik Iran, yang dilaporkan dapat membom sasaran-sasaran pada kecepatan tinggi. Pesawat itu mereka namai Karrar, yang dalam Parsi berarti penyerang. Dengan demikian Iran bisa membanggakan diri untuk tidak kalah dengan AS dalam memproduksi pesawat pengebom tanpa awak.

Kabarnya, Karar berkemampuan luar biasa. Pesawat itu mampu menjalankan misi pemboman. Hebatnya, Karar mampu melakukan tugasnya itu hingga lokasi yang berjarak 1.000 kilometer. Namun, jangkauannya itu belum dapat menembus Israel.

"Jet ini, sebelumnya digembar gemborkan untuk membunuh musuh-musuh, adalah pertanda keselamatan dan martabat bagi kemanusiaan," kata Ahmadinejad dalam pidatonya meresmikan pesawat tanpa awak itu dalam satu ruangan di Universitas Malek Ashtar Teheran.

Peresmian pesawat itu dilakukan saat Iran, Minggu memperingati ulang tahun Hari Industri Pertahanannya .

Laman internet televisi negara itu melaporkan bahwa pesawat itu memiliki "kemampuan besar termasuk membawa bom-bom untuk menghancurkan sasaran-sasaran". Pesawat itu juga dapat terbang "untuk jarak jauh dengan kecepatan tinggi."

Ahmadinejad menilai, pesawat itu bisa berfungsi sebagai "kurir kematian". Namun, orang nomor satu di Iran itu menambahkan, bahwa pesan dan misi utama pengoperasian pesawat itu adalah persahabatan.

Peresmian Karar, nama panggilan Imam Ali, imam pertama kaum Syiah dilakukan dua hari setelah Iran menguji coba satu rudal darat ke darat Quam (Kebangkitan) yang dibuat di dalam negeri.

Dalam beberapa pekan ke depan Iran diperkirakan akan melakukan serangkaian pengumuman militer saat negara itu memperigati "pekan pemerintah", satu periode yang digunakan oleh Teheran untuk mengumumkan keberhasilan-keberhasilannya.

Dalam periode ini Iran juga diperkirakan akan menguji coba generasi ketiga rudal Fateh 110 (Penakluk). Iran sebelummnya memamerkan satu versi Fateh 110 yang mmiliki jangkauan tembakan 150 sampai 200km.

Juga selama pekan pemerintah itu hasil produksi dari indutri itu yaitu dua kapal cepat yang dapat membawa rudal, Seraj (Lampu) dan Zolfaqar juga akan diresmikan.

Peresmian Karar itu dilakukan beberapa hari setelah Iran meresmikan empat kapal selam mini baru klas Gahdir buatan dalam negeri. Dengan bobot mati 120 ton kapal selam "siluman" itu ditujukan untuk operasi-operasi di perairan dangkal, terutama di Teluk.

Para pejabat Iran secara reguler mengutarakan tentang kemampuan militer Teheran dan pernyataan-pernyataan tersebut sehubungan dengan peringatan-peringatan para pejabat lokal terhadap setiap serangan pada Republik Islam itu.

Musuh bebuyutan Iran, Amerika Serikat dan Israel tidak mengesampingkan serangan militer terhadap Iran untuk menghentikan program pengayaan uraniumnya.

Sementara itu, Iran, Sabtu mulai mengisi bahan bakar nuklir dalam pusat listrik tenaga nuklirnya pertamanya buatan Rusia yang terletak di pelabuhan Bushhehr, di daerhs elatan negara itu.

Pusat listrik tenaga nuklir yang bertujuan untuk membangkitkan tenaga listrik1.000 megawat itu tidak akan jadi sasaran sanksi-sanksi PBB.

Iran juga menunjukkan telah memiliki 2 buah kapal cepat yang mampu digunakan untuk membawa misil. Dua buah kapal itu dinamai Seraj dan Zolfaqar. Angkatan Laut Iran juga telah diperkuat dengan 4 buah kapal selam yang berteknologi siluman.

Iran telah mengembangkan teknologi dirgantara, termasuk pesawat tanpa awak sejak akhir dekade 1980-an. Sejak 1992, Iran juga mampu memproduksi tank, kendaraan angkut personil lapis baja, rudal, torpedo dan pesawat tempur.

Bahkan, tetangga Irak ini juga berhasil mengembangkan teknologi nuklir. Itulah yang terus dirisaukan oleh seteru-seterunya. Mereka curiga Iran bisa membuat senjata nuklir walau Iran berkali-kali membantah bahwa uranium yang mereka buat hanya untuk kepentingan damai.

Peluncuran itu berlangsung sehari setelah reaktor nuklir pertama Iran diisi bahan bakar. Langkah ini dilakukan ditengah sanksi PBB yang dijatuhkan kepada Iran, mengenai program nuklir negara tersebut. Prosedur yang akan berlangsung selama sepekan ini memungkinkan bahan bakar uranium ke dalam reaktor pembangkit listrik tenaga nuklir di Bushehr yang berada di selatan Iran.

Rusia yang membantu menyelesaikan pembangkit listrik tenaga nuklir ini berkomitmen untuk menjaga keamanan di sekitar reaktor. Selain itu Rusia akan melakukan penjagaan ketat agar bahan bakar uranium tersebut tidak dirubah menjadi senjata nuklir.

Setelah bertahun-tahun mengalami penundaan dalam penyelesaiannya, Rusia yakin jika pembangkit Bushehr akan menjadi pemicu untuk Iran agar bersedia bekerja sama dengan dunia internasional. Tentunya hal ini dapat membangun kepercayaan dunia internasional jika Iran tidak menggunakan nuklir sebagai senjata nuklir.

Reaktor Bushehr tidak dianggap sebagai risiko karena persyaratan perjanjian, Iran berkomitmen untuk memungkinkan Rusia mengambil semua bahan bakar reaktor yang digunakan untuk diproses. Selain itu, Iran memastikan tidak ada limbah bahan bakar segar atau yang dialihkan.

Amerika Serikat dan negara-negara lain bukan menentang tujuan Iran memproduksi energi nuklir, tetapi khawatir bahwa siklus pengayaan akan menjadi jalur untuk memproduksi senjata di bawah program energi damai. Iran pun membantah niat tersebut. Dengan mengatakan kalau pekerjaan tersebut telah menjadi target dari empat putaran sanksi Dewan Keamanan PBB.
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Berita Indonesia Terbaru 2013 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger