Perang Korea 2010

Written By Papareysa on Rabu, 24 November 2010 | 12.21

Perang Korea 2010 - Sehubungan dengan berita terbaru tentang Korea Utara Serang Korea Selatan pada selasa 23 November 2010 kemarin, nampaknya akan berbuntut panjang. Perang Korea 2010 ini diawali dengan serangan di wilayah laut kuning oleh pihak militer Korea Utara di pulau Yeonpyeng yang merupakan wilayah sengketa antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Dengan kejadian tersebut, Korea Selatan akan melakukan balasan yang tegas terhadap setiap provokasi lanjutan dari Korea Utara setelah negara komunis itu menembakkan puluhan peluru artileri ke sebuah pulau di Korea Selatan, Selasa (23/11/2010).

"Militer kami militer... akan membalas setiap provokasi lanjutan," kata sebuah pernyataan yang dikeluarkan lembaga kepresidenan Korea Selatan. "Serangan Korea Utara terhadap Pulau Yeonpyeong jelas merupakan sebuah provokasi. Lebih lanjut, tembakan sembrono yang menyasar warga sipil merupakan hal tak terampunkan. Pemerintah Korea Utara harus bertanggung jawab."

Para pejabat militer Korea Selatan mengatakan, serangan mendadak yang terjadi pada Selasa siang itu menewaskan seorang marinir dan melukai 13 tentara lainnya. Sejumlah rumah di pulau itu terbakar, tetapi korban sipil tidak diketahui. Korea Selatan telah memerintahkan militernya untuk berada dalam kondisi siaga tertinggi menyusul serangan tersebut.

Disisi lain, Pemerintah China menyatakan kecemasannya dengan perkembangan kontak senjata di semenjung Korea, pada Selasa (23/11/2010). Perkembangan informasi yang terakhir, diduga Korea Utara telah memulai perang melawan Korea Selatan.

"Kami berharap, Perang Korea 2010 antara korea selatan dan korea utara keduanya bisa saling menahan diri dan tidak terpancing dengan hal-hal yang makin memperkeruh ketegangan," kata Hong Lei, juru bicara Kementerian luar negeri China, kepada para wartawan.

"Sangat penting meneruskan kembali perundingan enam negara mengenai persenjataan nuklir, yang sempat terhenti," tambahnya.

Menurut Hong Lei, pemerintah China benar-benar cemas dengan ketegangan hubungan yang terus meningkat antara Korea Utara dan Korea Selatan. Pemerintah China juga sangat hati-hati mencermati laporan tentang tembakan artileri yang dilakukan Korea Utara terhadap Korea Selatan yang menimbulkan korban tewas.

"Kami mendengar laporan-laporan perkembangan ketegangan dua Korea. Namun, kami perlu konfirmasi tentang serang yang telah dilakukan Korea Utara, yang menewaskan marinir Korea Selatan," katanya.

China yang merupakan sekutu penting Korea Utara ini, terus memberi dukungan ekonomi dan diplomatik tersebut, saat ini dalam posisi yang tertekan. Pengakuan pejabat Korea Utara seputar peningkatan pengayaan uranium kepada Siegfried Hecker, pakar nuklir AS saat berkunjung ke fasilitas nuklir Yongbyon, memaksa China harus mengambil sikap. Para pejabat militer Korea Selatan mengatakan, serangan mendadak yang dimulai pada pukul 14.34 waktu setempat itu telah menewaskan seorang marinir dan melukai 13 tentara lainnya. Sejumlah rumah di pulau itu terbakar, tetapi korban sipil belum diketahui. Korea Selatan telah memerintahkan militernya untuk berada dalam kondisi siaga tertinggi menyusul serangan tersebut.

Video penyerangan Korea Utara di pulau Yeonpyeong yang merupakan wilayah sengketa antara Korea Utara dan Korea Selatan:


Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Berita Indonesia Terbaru 2013 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger