Perang Korea 2010 Akibatkan Bursa Saham Asia Merosot

Written By Papareysa on Rabu, 24 November 2010 | 13.10

Perang Korea 2010 Akibatkan Bursa Saham Asia Merosot - Akibat serangan dadakan yang dilakukan oleh Korea Utara kepada Korea selatan di Pulau Yeonpyeng mengakibatkan banyak yang kelabakan dibuatnya. Dari sektor ekonomi, Perang Korea 2010 akibatkan Bursa Saham Asia Merosot jauh. Kronologi serangan yang dilakukan Korea Utara Kepada Korea Selatan pada selasa 23 November 2010 diawali dengan serangan di wilayah laut kuning oleh pihak militer Korea Utara di pulau Yeonpyeng yang merupakan wilayah sengketa antara Korea Utara dan Korea Selatan. Baca juga: Kronologi Perang Korea 2010, Perang Korea 2010, Korea Utara Serang Korea Selatan.

Akibat serangan Korea Utara tersebut, pasar saham di kawasan Asia kembali melemah Rabu, 24 November 2010. Pelemahan indeks bursa Asia itu melanjutkan aksi jual yang dilakukan Selasa, 23 November 2010, seiring imbas serangan Korea Utara ke sebuah pulau di Korea Selatan. Investor saham di Korea dan Jepang langsung bereaksi di awal perdagangan hari ini setelah aksi saling serang dua Korea di semenanjung Korea.

Pada transaksi pagi ini, indeks Nikkei di bursa Tokyo turun satu persen, S&P/ASX 200 (Australia) terkoreksi 0,4 persen, Kospi (Korea Selatan) tergelincir 0,8 persen, dan NZX-50 (Selandia Baru) melemah 0,1 persen. Serangan Korea Utara yang berimbas ke pasar keuangan itu memicu sebagian investor mengamankan aset berisiko seperti dolar AS, surat berharga pemerintah AS, dan emas.

Ekonom Senior Bank ANZ yang berbasis di Wellington, Khoon Goh, mengatakan,"Ketegangan geopolitik antara Korea Utara dan Korea Selatan bukan hal yang baru," ujar dia. Namun, persoalannya, dia melanjutkan, ketegangan memanas seiring dengan kekhawatiran pasar global atas kondisi krisis keuangan di Irlandia. Situasi itu yang akhirnya mendorong investor untuk melepas aset berisiko.

Sejumlah saham di bursa Korea anjlok, seperti LG Electronics yang terpangkas satu persen, Samsung Electronics terkoreksi 0,5 persen, dan Shinhan tergerus 1,4 persen. Keterpurukan serupa juga terjadi pasar saham Tokyo, terimbas oleh ketegangan dua Korea yang meningkat.

Pasar saham Jepang menurun tajam setelah libur perdagangan Selasa. "Ini karena Jepang dekat dengan semenanjung Korea, sehingga investor mungkin berusaha untuk menghindari risiko," kata Hiroichi Nishi, general manager Nikko Cordial Securities.

Sejumlah saham perusahaan yang berorientasi ekspor seperti Olympus turun 2,1 persen, Nikon terhempas 1,9 persen, dan Canon melemah 2,1 persen.

Saham Bank Shinsei juga terkoreksi 5,1 persen setelah mengumumkan rencana untuk membentuk aliansi dengan kelompok institusi keuangan terkemuka Vietnam, Bao Viet Holdings, dan sebuah bank swasta India, Ya Bank.
Share this article :

1 comments:

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Berita Indonesia Terbaru 2013 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger