Obama Pulang Kampung ke Indonesia

Written By Papareysa on Selasa, 09 November 2010 | 23.10

Obama Pulang Kampung ke Indonesia - Presiden Amerika Serikat, Barack Obama akhirnya memenuhi janjinya, dia datang ke Indonesia pada Selasa (9/11). Saat jumpa pers dengan Presiden Susilo Bambang Yudhyono di Istana Negara, Obama mengucapkan bahasa Indonesia. "Terima kasih," katanya. Akhirnya Presiden Obama Pulang Kampung ke Indonesia, Indonesia memang mendapat tempat khusus di hati presiden kulit hitam pertama Amerika Serikat ini. Dia mengaku doyan mengudap nasi goreng dan bakso. Istana merespons dengan menyediakan menu itu dalam jamuan makan kenegaraan malam ini. Disisi lain Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengaku berterima kasih atas keramahtamahan bangsa Indonesia dalam sajian makan malam bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka, Selasa (9/10) malam.

"Terima kasih untuk baksonya, nasi goreng, emping, dan kerupuk," ujar Obama dalam pidato sambutan jamuan makan malam di Istana Merdeka seperti disiarkan TV One, Selasa (9/10). "Semuanya enak!"

Dalam jamuan makan malam tersebut , Istana menyajikan menu santapan yang sudah lama diidamkan presiden Negeri Paman Sam itu. Menu yang dihadirkan di ruang credential Istana Merdeka adalah nasi goreng Sunda Kelapa dan bakso kondang. Selain itu, di daftar menu juga tertulis sejumlah makanan khas Indonesia lainnya. Antara lain Ayam Goreng Kremes, Bakpau, dan Bebek Panggang.

Obama juga mengatakan berterima kasih atas penghargaan yang diberikan pemerintah Indonesia terhadap almarhumah ibunya, Stanley Ann Dunham Soetoro. Obama mengaku terharu karena ibunya mendapat tanda jasa Bintang Mahaputera.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyambut gembira kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Menurut Yudhoyono sejumlah kerja sama akan semakin meningkat dengan kedatangan Obama ke Indonesia. "Kami membicarakan banyak hal, perdagangan, perubahan iklim, terorisme," kata Yudhyono.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama berserta istrinya, Michelle Obama tiba di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma pada pukul 16.21 WIB. Sejumlah pejabat tinggi negara tampak menyambut Obama, di antaranya, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Duta Besar Indonesia untuk AS, Dino Pati Djalal. Dalam guyuran hujan, Obama terlihat melambaikan tangan. Tidak ada payung yang melindungi Obama dari guyuran hujan.

Obama memulai lawatan resmi kenegaraan ke Indonesia setelah dua kali membatalkan lawatan ke negara di mana ia sempat tinggal selama empat tahun semasa kecil. Sebelumnya, Obama berada di India selama tiga hari.

Dalam lawatannya, Obama dijadwalkan mengunjungi beberapa lokasi, diantaranya: Istana Merdeka, Masjid Istiqlal, kampus Universitas Indonesia di Depok, dan Taman Makam Pahlawan Kalibata. Berikut adalah jadwal kunjungan Presiden Obama seperti dirilis Traffic Manajemen Center (TMC) Polda Metro Jaya.

Selasa 9 November 2010
16.25: Tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.
16.35: Menuju Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.
17.35: Tiba di Hotel Shang-ri La, Jakarta Pusat.
20.20: Meninggalkan Hotel Shang-ri La menuju Istana Merdeka.
21.50: Meninggalkan Istana Merdeka untuk kembali ke Hotel Shang-ri La

Rabu 10 November 2010
08.30: Meninggalkan Hotel Shang-ri La menuju Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.
11.10: Meninggalkan Masjid Istiqlal menuju kampus Universitas Indonesia, Depok.
12.35: Meninggalkan kampus UI Depok menuju Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Setelah menjalani serangkaian kegiatan itu, Obama bakal take off dari Bandara Halim Perdanakusuma menuju Seoul, Korea Selatan, besok.

Hingga kini TMC belum memberikan rincian rute yang akan ditempuh oleh rombongan Presiden Obama untuk menuju titik-titik tersebut. Namun bagi pengguna jalan yang hendak melalui jalan-jalan yang kemungkinan besar dilalui rombongan Presiden Amerika Serikat tersebut dapat mulai mencari alternatif jalan lain karena Presiden Obama diperkirakan akan mendapat kawalan ketat.
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Berita Indonesia Terbaru 2013 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger