Berita Terbaru Gunung Bromo Meletus

Written By Papareysa on Sabtu, 27 November 2010 | 13.24

Berita Terbaru Gunung Bromo Meletus - Berikut ini adalah kumpulan dari Berita Terbaru Gunung Bromo Meletus yang terjadi kemarin yaitu pada pukul 17.45 WIB tanggal 26 November 2010. Gunung Bromo yang merupakan salah satu gunung aktif di Probolinggo Jawa Timur ini telah meletus dengan mengaluarkan material vulkanis hingga radius 2 kilometer (km) sekitar bibir kawah.

Meskipun demikian namun hingga saat ini masih belum ada korban gunung Bromo meletus karena memang kondisi gunung Bromo jauh dari pemukiman warga dan disekitar Gunung Bromo diselimuti oleh lautan pasir sehingga masih belum memakan korban jiwa. Kabar terbaru gunung Bromo meletus ini ternyata arahnya menuju Malang, namun hingga kini abu Gunung Bromo meletus ini juga belum sampai Malang.

Ketua Tim Tanggap Darurat Gunung Bromo Gede Suantika yang dihubungi mengatakan letusan kecil ini diprediksi sebagai letusan awal dan ada kemungkinan terjadi letusan besar selanjutnya. Material vulkanis yang teramati dari dampak letusan adalah debu berwarna hitam keabu-abuan dengan tekanan sedang hingga kuat arah barat kawah. Letusan ini tidak pernah terjadi sejak Bromo berstatus awas.

"Gunung Bromo meletus. Letusan kecil atau minor tapi kontinyu menyemburkan material vulkanis debu hitam keabu-abuan, menyerupai cerobong pabrik," tegasnya.

Ia menyatakan kemungkinan akan terjadi letusan besar selanjutnya, sebab gempa tremor sudah mencapai 15 mm. Gempa tremor itu bisa meningkat drastis mencapai 40 mm saat terjadi letusan eksplosif seperti tahun 2000 dan 2004. Sebelumnya pantauan visual dari pos pantau di Dusun Cemorolawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, menyebutkan gunung setinggi 2.329 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu masih menyemburkan debu vulkanis berwarna putih tebal bertekanan lemah setinggi 150-200 meter dari bibir kawah.

Pantauan kegempaan laporan Jumat (26/11) pukul 00.00-12.00 WIB menyebutkan gempa vulkanik dangkal yang terekam alat seismograf PS-2 sebanyak 69 kali. Sedangkan gempa tremor menerus dengan amplitudo maksimum 3-6 mm. "Status Bromo masih awas. Potensi meletus tetap besar," katanya. Baca juga: Foto dan Video Gunung Bromo Meletus.
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Berita Indonesia Terbaru 2013 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger