Gunung Merapi Siaga Satu

Written By Papareysa on Jumat, 22 Oktober 2010 | 02.07

Gunung Merapi Siaga Satu - Aktivitas vulkanik Gunung Merapi di Daerah Istimewa Yogyakarta terus meningkat. Sejak pukul 18.00 WIB hari ini ditetapkan Status Gunung Merapi Siaga Satu menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Kepala PVMBG Surono mengatakan, status siaga berada pada level tiga atau setingkat di bawah awas. "Betul sejak jam 18.00 WIB tadi sudah siaga. Ini satu tingkat lagi bisa terjadi letusan. Potensi ancaman letusan sudah nyata," katanya, Kamis (21/10/2010).

Meski demikian, Surono menegaskan hingga saat ini belum ada evakuasi penduduk yang tinggal di kawasan Merapi. Pihaknya terus menjalin komunikasi intensif dengan pemerintah daerah setempat yaitu Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Boyolali.

Surono mengatakan, selain komunikasi, PVMG juga bekerjasama dalam melatih masyarakat sekitar untuk menyelamatkan diri seandainya Merapi meletus. Pelatihan ini telah berlangsung sejak 2007.

"Dengan peningkatan status ini, kita terus berkoordinasi day by day. Mudah-mudahan masyarakat sudah tahu semua seandainya terjadi letusan," ujarnya.
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Berita Indonesia Terbaru 2013 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger