Hal yang wajib dicek dimobil saat mudik

Written By Papareysa on Sabtu, 28 Agustus 2010 | 00.21

Mudik merupakan tradisi kita yang tidak bisa dihilangkan ketika menjelang lebaran, jika anda ingin melakukan mudik dengan menggunakan mobil hendaknya mengetahui hal yang wajib dicek dimobil saat mudik. Karena ketika mejelang Hari Raya Idul Fitri, kampung halaman selalu berada di benak kita, berkumpul bersama sanak keluarga, dan saling mema'afkan adalah hal yang lazim dilakukan. Tapi, sebelum anda melakukan mudik lebaran, ada baiknya mempersiapkan kendaraan kita.

Nah, biar mudik aman dan nyaman, pemilik bengkel Twin Garage, Bekasi, Ajat Sudrajat, berbaik hati mau memberikan beberapa hal yang harus diperhatiakn sebelum mudik. Apa-apa saja?

Pertama ketika anda mudik dengan mobil, pastinya siapkan mobil Anda terlebih dahulu. Selain servis, beberapa poin pengecekan wajib dilakukan agar tidak ada sedikitpun rasa was-was di tengah jalan.

Melakukan tune up, seperti membersihkan ruang bakar, cek dan servis rem sekaligus kuras minyak rem, juga kopling, baik kabel maupun kampasnya, juga air radiator.

"Karena kita bakal menemui macet, ketiga item itu paling bekerja keras saat macet," ujarnya ketika ditemui detikOto, di bengkelnya kawasan Bekasi Timur, Jumat (27/8/2010).

Selanjutnya, cek juga sistem kelistrikan, apalagi kalau kita mau berangkat malam. Selain aki harus bugar, pastikan lampu-lampu semua juga dalam keadaan fit.

Setelah itu, cek keempat ban mobil Anda, jangan lupa juga ban cadangannya. Kalau sekiranya sudah tipis, lebih baik ganti baru. Kalau perlu, lakukan spooring dan balancing, agar handling mobil menjadi enak kembali.

Kemudian ada beberapa peralatan dan perlengkapan yang wajib dibawa saat mudik:
1. Dongkrak
2. Kunci roda
3. Pipa besi paling tidak dengan panjang 1/2m
4. Kunci-kunci (Kunci busi, kunci pas ring 8, 10, 12, 14)
5. Tang jepit dan tang potong
6. Kabel 1 m
7. Obeng kembang dan minus
8. Relay
9. Sekring (10, 15, 20, 25)
10. Lampu cadangan (H4)
11. Cairan penambal ban (Disarankan untuk bawa)
12. Kotak P3K
13. Segitiga Pengaman
14. Selotip
15. Chamois/lap mobil
16. Senter
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Berita Indonesia Terbaru 2013 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger